26 Juni 2010

Fadilah membaca surah Alquran

Fadilah membaca surah Al Kahfi pd hari jumat
Dari ibnu umar,rasul saw bersabda,siapa yg MEMBACA surah Al Kahfi pd hari/mlm jumat,baginya akan dipancarkan cahaya dari bwh telapak kakinya smp awan langit akan bersinar pd hari kiamat&akan diampuni dosanya diantara 2 jumat*Hr Al Mundziri,At Targhib wat Tarhib l;298.
Menurut umar bin alin bin ahmad al wadiyasyi al andalusi dlm kitabnya TUHFATUL MUHTAJ/CD,I;523, hadis diatas diriwayatkan jg oleh Ad Dhiya dlm ahkamnya dari ibnu mardawaih ahmad bin musa dgn SANAD yg disitu terdpt RAWI yg la yu'rofu/tdk dikenal. Disamping k tdk jelasan periwayatan Ad Dhiya,terdpt jg ke-dhoif-an lainnya adlh RAWI bernama muhamad bin khalid al khutalli. Ad Dzahabi dlm kitabnya MIZANUL ITIDAL menerangkan bahwa ibnul jauzi dlm kitabnya,al maudhu'at menyatakan; para ulama tlah mendustakannya .ibnu mundah mengatakan,ia periwayat/pemilik hadis2 yg munkar.
MIZANUL ITIDAL VI;131,LISANUL MIZAN V;151&AL MUGHNI FID DUAFA II;575.
~fadilah membaca Hamim Ad Dukhan pd mlm&hari jumat~

Sufyan bin waqi tlah menceritakan kpd kami,zaed bin hubab menceritakan kpd kami,dari umar bin abu khatsam dari yahya bin abu katsir,dari abu salamah,dari abu hurairah,rasul saw bersabda, brg siapa membaca Hamim Ad Dukhan pd mlm jumat,baginya pd waktu pagi akan dimintakan ampunan oleh 70rb malaikat*Hr At Tirmidzi V;163 ,Al Baehaqi, syuabul iman ll;484,Al Mundziri ,At Targib wat Tarhib l;298.
Dlm riwayat lainnya msh dari abu hurairah dgn lafal; brg siapa membaca Hamim Ad Dukhan pd mlm jumat baginya akan diampuni*Hr At Tirmidzi V;163,Al Baehaqi,syuabul iman ll;484. Hadis pertama diatas DHOIF krn pd SANADNYA terdpt b brp RAWI yg DHOIF adlh,umar bin abu khats'am,dari yahya bin abu katsir.
1.umar bin abu khats'am
At Tirmidzi berkt dari al bukhari, "Daiful Hadits,Dzahib& beliau sgt mendhoifkannya". Said bin amr al bardzai menyatakan dari abu zur'ah, "wahiyul hadits,ia meriwayatkan dari yahya bin abu katsir 3 hadis,seandainya ia meriwayatkan 500 hadis pasti ia akan memfasadkannya. ibnu adi berkt, munkarul hadits, &sebagian hadisnya tdk dpt dijadikan sbg Tabi <Tahdzibul Kamal XXI;408-409>. Hadis k 2.
1.hisyam bin abu al miqdam
Abdullah bin ahmad bin hanbal berkt dari bp nya&dari abu zur'ah "Daiful Hadits".
Abas ad duwari menyatakan dari yahya bin ma'in "ia tdk tsiqat" pd waktu lain beliau menyatakan "Daif,laisa bis syaiin".
Al Bukhari berkt,para ulama memperbincangkannya. An nasai,ali bin al husain bin al junaed&abu al fath al azdi berkt "matrukul hadits. Dr awad ma'ruf berkt ibnu hajar menyatakan dlm kitabnya At Taqrib,"Matruk". <Tahdzibul Kamal XXX;200-203>.
2.Al Hasan. ia adlh Al Hasan bin abu al hasan
Menurut At Tirmidzi,ia tdk mendengar hadis dari abu hurairah. Sunan At Tirmidzi V;163. Selain itu terdpt redaksi yg lainnya msh melalui sahabat abu hurairah yg diriwayatkan oleh al baehaqi&al hindi,adlh; dari abu hurairah rasul saw bersabda,brg siapa membaca Hamim Ad Dukhan&YASIN pd mlm jumat akan diampuni baginya pd waktu pagi*Hr Al Baehaqi, syuabul iman ll;484,Al hindi, Kanzul umal;2698.
Sanad hadis ini DHOIF krn KEDHOIFAN RAWI bernama amar bin harun yg dinyatakan matruk oleh abu hatim.
Amar bin harun,ia adlh amar bin harun abu yasir al mustamli.
Dlm kitab Al Jarh wat ta'dil,abu hatim menyatakan, matrukul hadits. Al jarh wat Ta'dil VI;349.
ibnu adi berkt, keumuman hadisnya tdk terpelihara,ia pencuri hadis. Muhamad bin ad dlurais berkt,sy bertanya kpd ali al madini tentang syekh ini?maka beliau tdk meridhoinya. Ibnu hajar berkt dlm kitabnya at Taqrib,ia RAWI yg DHOIF. Al Mugni fid duafa ll;460,ad duafa wal matrukin libnil jauzi ll;202, mizanul itidal V;207&Taqribut Tahdzib l;408.
k 2 dari abu umamah.
Ahmad bin daud al makki tlah menceritakan kpd kami,hafs bin umar al mazini menceritakan kpd kami fudhal bin jubaer menceritakan kpd kami,dari abu umamah rasul saw bersabda,brg siapa membaca hamim ad dukhan pd mlm jumat/pd hari jumat,Alloh akan bangunkan baginya s bh rmh disurga*Hr At Thabrani,al mu'jamul kabir VIII;264,Al Haetsami, Majmauz zawaid ll;168&Al Mundziri,At Targib wat Tarhib 298.
Sanad hadis ini DHOIF krn kedhoifan rawi bernama fudlal bin jubair.
ia adlh fudlal bin jubair abu al muhindi al gozani. ibnu hiban menyatakan, tdk halal berhujah dgn nya,ia periwayat hadis2 yg tdk ada sumbernya. &tlah meriwayatkan al kitani dari abu hatim bahwa beliau menyatakan, hadisnya lemah <Mizanul itidal V;421>.


--
Dikirim menggunakan telepon selular Sony Ericsson

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda